Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tata Cara Sholat Tahajjud


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Tata Cara Sholat Tahajud, Bacaan Doa Dan Niat Tahajud serta waktu pelaksanaan tahajud. Sholat Tahajud merupakan sholat sunat yang dikerjaan pada waktu malam hari dan disebut juga sebagai sholat malam (sholatul lail). Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat ini selama beliau hidup karena dalam sholat ini terdapat keutamaan yang sangat besar dan merupakan perintah Allah langsung kepada nabi agar melaksanakan tahajud sebagai tambahan ibadah kepada Allah.
Dalam melaksanakan shalat tahajud tidak ada aturan secara khusus atau cara pelaksanaannya sama saja dengan solat sunnah biasa seperti sholat sunnah istikhoroh atau sholat dhuha, yang membedakan adalah hanya pada niatnya saja. Doa sholat tahajud juga bukan aturan baku yang harus dikerjakan misalnya harus dengan bahasa arab seperi yang kita kenal.
Jika anda tidak hafal bacaan doa seperti yang banyak ditulis dibuku-buku tidak menjadi masalah bahkan anda bisa berdo’a dengan menggunakan bahasa uyang anda tahu. Jika anda hanya bisa bahasa jawa silahkan gunakan bahasa jawa atau bahasa indonesia dan sebagainya. Jadi untuk melaksanakan tahajud tidak harus hafal doanya baru melaksanakan.
Tata cara pelaksanaan :
1. Melakukan Niat dalam hati dan diucapkan saat melakukan takbirotul ihrom (takbir pertama)
2. Pada rakaat pertama membaca surah alfatihah dilanjutkan dengan bacaan surat yang anda hafal misalnya hanya hafal surat alikhlas silahkan baca alikhlas saja atau annas, kalau tidak hafal dua-duanya baca surat yang lain, jika yang lain tidak hafal juga tidak usah baca juga tidak apa-apa tidak membaca surat
3. Sama dengan rakaat kedua membaca fatihah kemudian surat yang anda hafal
4. Salam
Jadi jumlah dalam sholat tahajud ada 2 rakaat lalu salam dan bisa dilakukan beberapa kali salam sedang satu salam 2 rakaat.
Setelah itu anda membaca Istighfar sebanyak yang anda mampu lalu berdo’a sepeti do’anya Rasulullah setelah melaksanakan sholat tahajud berikut ini doanya :
577a1b9fdf0f6e2ba729255a498d968b_bacaandoatahajjud_76703454
Jika doa diatas anda tidak hafal seperti yang sudah disebutkan, cukup berdoa dengan bahasa yang anda tahu bisa pakai bahasa apa saja sesuai bahasa anda. Mudah-mudahan bermanfaat atau bisa lihat bacaan doa dan cara sholat tahajud

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

TWITTER